INSPIRASI AWAL

Banyak orang menulis bahwa kita harus berpikir positif, hal ini benar, namun belum tepat, karena seberapa kita berpikir positif tergantung pada suasana hati, karena rasakan sebelum berpikir adalah bahasa TUHAN , maka kita harus merujuk bahasa tersebut,pada sisi lain seseorang tidak akan berpikir positif ketika hatinya tidak ada kemapan, dengan kemapanan hati maka seseorang akan berpikir positif dengan mengkomunikasikan sesuatunya dengan cara yang hikmah dan bijaksana, salahsatunya dengan cara menulis,

Senin, 18 Oktober 2010

Trik Mempublikasikan Tulisan dalam Bentuk CD/DVD

Biaya cetak untuk menulis buku cukup mahal, dan biasanya minimal  cetak harus seribu,  sementara bagi para penulis pemula ( seperti saya ) mau bukunya  dibaca oleh khalayak, kalaupun rata - rata penulis mempunyai blog atau websitenya sendiri untuk menampung kreasi kegemaran menulisnya, ini memang efektif ketika sang penulis sudah punya nama, bahkan bisa dijadikan media iklan ketika pengunjung blog dan websitenya cukup banyak. Dengan desain dan website yang bagus.
Untuk keperluan tersebut, maka kami RUMAH USAHA INDONESIA AKAN  melakukan SADAR ( SILATURAHMI DARAT ) untuk melakukan penerbitan buku secara cetak untuk mengkoleksi tulisan para Kompasiner yang tentunya bisa dicetak sendiri atau bekerjsama dengan penerbit, biasanya penerbit - penerbit buku mau melakukan kerjasama untuk pencetakan didasarkan pada kriteria - kriteria baku, siapa yang menulis, thema tulisan dan segmentasi pasar dan hal - hal lain yang mana setiap penerbit mempunyai kebijakan masing - masing.
Untuk penulis pemula seperti saya, agak sulit untuk menarik minat para penerbit, maka salah satu cara adalah mencetak dalam bentuk CD/DVD di mana harga CD/DVD dan desain yang ada  totalnya hanya mencapai 4.500 rupiah, sementara untuk jenis cetakan ongkos produksinya untuk 1000 ex sekitar 15.000 s/d 20.000.Pencetakan dalam bentuk CD/DVD tidak perlu dicetak dalam jumlah ribuan, sesuaikan dengan kebutuhan dan untuk kapasitas isi tentunya lebih banyak dari cetakan.
Bagaimana caranya untuk mempubilkasikan tulisan para Mitra, baik secara individual maupun kelompok :
1. pilih judul tulisan dan isi tulisan,
2. publikasikan melalui FB , Blog , Twitter dan jejaring sosial lainnya secara berkala,
3. publikasi bisa juga dilakukan dengan bekerjasama  dengan cafe - cafe, caranya adalah pilih mall - mall yang ramai yang mudah di jangkau , namun pilih cafe yang tidak begitu ramai pengunjungnya pada jam padat pengunjunganya, fungsinya adalah untuk posisi tawar dalam pemberian discount, dimana pemberian discount tersebut sebagai barter harga ketika tulisan dalam bentuk CD/DVD mau dibagikan gratis atau keuntungan bagi penulisnya. Untuk cafe - cafe yang terkenal, maka pemilihan jam dan hari bisa dijadikan rujukan posisi tawar, biasanya pada jam 2 s/d jam 4 cafe akan sepi pengunjung, yang penting bukan hari Sabtu dan Minggu, dan ini juga sebagai alternatif. Atau bisa juga pilih tempat lainnya, yang penting mudah untuk dijangkau.
4. Untuk mencari sponsor bagi tulisan yang akan dicetak dalam bentuk CD/DVD,  dalam acara Launching tersebut sponsor diundang, kalau bisa agar sponsor apresiatif maka jumlah peserta dalam acara tersebut diperbanyak jumlahnya ( kalau bisa dibagikan secara gratis sehingga pesertanya bisa banyak, kompensasinya seperti yang sudah saya tuliskan diatas )
5. Bentuk FB, BLOG, Twitter atau jejaring sosial yang sifatnya khusus sebagai  media interaktif antara penulis dan pembacanya, ketika media interaktif tersebut berjalan maka iklan juga akan banyak masuk dan ini merupakan bonus tersendiri.
Saya juga mau melakukan hal ini pada Tanggal 5 November 2010, pilihan tempat sedang saya pertimbangkan antara wilayah utara sekitar Kelapa Gading atau Selatan, PIM, Senayan City atau sekitaran daerah tersebut. Semoga saja apa yang saya mau lakukan menginsporasi para Kompasioner, KITA MAU KITA BISA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar